RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN
1 Kapoa
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 1x
Pertemuan (2 x 35 menit)
A.
Standar
Kompetensi :
2. Menggunakan pengukuran waktu,
panjang dan berat dalam pemecahan
masalah
B.
Kompetensi
Dasar
2.2 memilih
alat ukur sesuai dengan fungsinya
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§ Menggunakan
alat ukur untuk mengukur panjang
§ Mengukur
panjang suatu benda
§ Mengubah
satuan panjang milimeter , centimeter, meter dan kilometer
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan
Tanggung
jawab (responsibility )
D.
Materi
Ajar
§ Pengukuran
panjang
E.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
§ Kegiatan Awal
-
Memberikan salam
-
Berdoa
-
Absen
-
Menjelaskan pentingnya waktu
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan penjelasan tentang alat ukur dan
fungsinya
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Bersama siswa mendemonstrasikan cara menggunakan
alat ukur
F Menjelaskan hubungan antarsatuan panjang
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
§ SBI
Matematika untuk SD dan MI kelas III
§ Matelin,
penggaris dan rol meter
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengukur panjang suatu benda
|
Tes
|
essay dan
kinerja
|
o Sebutkan 3 alat pengukur benda !
o 7 km=.....m
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Kapoa Barat,
20 Oktober 2014
Guru Pamong Mahasiswa PPL
( LA HAMULI , S.Pd. )
( A R
D I N )
NIP :19711130
199212 1 002 NIM :311010057
Mengetahui:
Kepala Sekolah SDN 1 Kapoa
( HAERUDIN, S.Pd., M.Pd )
NIP: 19631214 198803 1 1
012
RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SDN 1 KAPOA
OLEH :
ARDIN
NPM.
311 01 0057
Tidak ada komentar:
Posting Komentar